Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur


Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur - Jangan anggap remeh bila Anda sering mendengkur. Kebiasaan itu bisa berdampak serius bagi kesehatan Anda, mendengkur juga menganggu pola tidur dan tentu saja menganggu teman tidur Anda. 

Mendengkur jadi masalah serius di Inggris, sebanyak 90 juta orang di sana merasa terganggu oleh kebiasaan itu. Sebuah penelitian di Inggris menemukan, bila salah satu dari pasangan suami istri memiliki kebiasaan ini maka dalam usia pernikahan ke-50, Anda kehilangan waktu tidur selama empat tahun. 

Orang yang suka mendengkur biasanya kelelahan, atau orang yang kurang tidur. Bila intensitas dan suara dengkuran Anda sudah parah disarankan untuk ke dokter dan berkonsultasi. Nah buat para pendengkur ringan, ini ada lima cara mudah untuk mengatasinya. 

1. Bola Tenis 
Jika tiap kali Anda tidur mendengkur dalam posisi terlentang, coba cara ini: bungkus bola tenis di kaus bekas lalu jahit di bagian punggung piyama Anda. 

Dengan adanya bola tenis di punggung Anda, maka tiap kali tidur terlentang pasti tidak nyaman dan pasti kembali tidur dalam posisi miring. Posisi tersebut sangat efektif menghilangkan dengkuran. 

2. Ekstra Bantal 
Sangga kepala Anda dengan bantal tambahan. Cara ini cukup efektif menghilangkan kebiasaan mendengkur. 

3. Penghangat
Suhu dingin bisa memicu Anda mendengkur, sebab hidung bisa mampat dan pernapasan terhambat. Biasanya penderita sinusitis punya kebiasaan mendengkur. Coba tempatkan penghangat ruangan di ruangan atau matikan pendingin di kamar Anda. Bila masih mendengkur Anda bisa mengoleskan krim penghangat tubuh. 

4. Nasal Strip
Bila Anda tidak menderita sinusitis atau gangguan pernapasan, Anda bisa mencoba menggunakan nasal strip, seperti plester yang ditempel di hidung. 

5. Pelindung Gigi 
Ini adalah pelindung gigi (mouth guard) yang biasa dipakai oleh atlet. Menurut penelitian alat ini 90 persen efektif mengurangi dengkuran. Bila tertarik untuk mencoba, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur"