Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat


Cara Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat - Wajah halus saja tidak cukup, jika komedo masih berkumpul dan menutupi pori-pori. Kotoran penyumbat pori-pori ini berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Dengan adanya komedo, wajah halus tampak terlihat kotor dan kusam. Komedo timbul akibat dari terjadinya penumpukan minyak yang terlalu berlebih, serta sel kulit mati. Waktu membersihkan wajah, komedo sering terabaikan.

Biasanya, komedo timbul di area T seperti : dahi, hidung,dan dagu, juga di bawah mata dan pipi. Jangan dengan cara memencet komedo untuk menghilangkannya, karena akan terjadi merangsangnya jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menimbulkan infeksi.

Komedo terbagi 2 macam jenis, diantaranya adalah:

1. Blackhead (komedo terbuka), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarana kehitaman karena teroksidasi oleh udara.

2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, terlihat seperti benjolan kecil-kecil dibawah kulit.

Berikut tips-tips untuk menghilangkan komedo, diantaranya adalah:

1. Terlebih dahulu kenali jenis kulit anda
Biasanya, komedo mudah timbul pada kulit wajah yang berminyak. Dengan terlebih dahulu mengenali jenis kulit anda, maka akan memudahkan anda untuk memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah.

2. Pilih Pembersih yang Tepat
Pembersih yang tepat dapat menjadikan wajah bersih berkilau, segar, dan kenyal. Beri jangka waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang anda pakai.

3. Pilih Pelembab yang Cocok
Bagi yang mempunyai kulit normal dan berminyak, pakailah pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh mempunyai sistem alami yang bisa mengatur kelembapan kulit.

4. Jauhkan Produk Comedogenic
Produk lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Perlu diketahui, bedak padat adalah produk yang memiliki kandungan zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak terlalu lama, tak hanya komedo, tapi juga menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Gaya Hidup Sehat dan Cukup Gizi.
Istirahat dan tidur yang cukup, hindari hidup stress. Pada waktu keadaan tubuh menurun, kuman-kuman mudah menyerang tubuh.

6. Facial
Facial menjadi salah satu metode untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Facial dilakukan secara berkala, dan setelah masa datang bulan. Hal ini agar mengindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar semasa haid, yang memproduksi minyak lebih over

7. Diet
Batasi makan-makanan seperti cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, mangga matang, alpukat, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low, atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak

8. Ke Dokter Kulit
Jika ingin segera menghilangkannya pergi ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan memberi saran untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika sudah banyak komedo, dokter akan memakai bantuan teknologi laser.

Berikut ini adalah cara untuk mengangkat komedo:

1. Memakai Putih Telur
Ambil sedikit putih telur, taruh di wadah, kocok hingga berbusa. Lalu oleskan disekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Dibagian dalam tisu, maka akan tampak bintik-bintik komedo yang terangkat.

2. Scrub Sayur dan Masker Kacang

- Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, setengah buah apel, gabungkan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu cuci.

- Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uapi garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler dibawah kulit dan memperlancar peredaran darah ke kulit.

- Gabung sari kacang kedelai dan kacang polong, pakai sebagai masker, diamkan 30 menit, cuci. Pakai beberapa kali.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat"