Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Hasrat Ngemil

Mengatasi Hasrat Ngemil - Sore hari merupakan waktu paling 'berbahaya' bagi para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Dari hasil studi yang dilakukan para ilmuwan Inggris dan ahli diet kepada 1.250 partisipan menunjukkan, 62 persen responden paling kuat hasrat makannya di sore hari, khususnya di rentang pukul 15.00 - 15.30.

Dari 62 persen tersebut, 56 persennya merasa ingin makan di sore hari karena stres, 26 persen karena bosan di dalam kantor, sementara 8 persen mengaku karena tergoda makanan lezat yang dibawa atau ditawarkan rekan-rekan kerjanya. Untuk itu, Anda perlu lebih waspada dan menjaga kedisiplinan dalam berdiet pada jam-jam tersebut. Caranya tidak sulit, ini tipsnya :

1. Minum Air
Air adalah elemen penting ketika Anda ingin diet sehat. Penelitian juga menunjukkan, minum 16 ons (dua gelas) air sebelum makan akan membantu Anda menurunkan berat badan. Seorang trainer ternama Chris Powell juga menyarankan, bagi Anda yang ingin diet, minum air hangat akan membantu perut terasa kenyang lebih lama. Untuk itu, jadikan minum cukup air sebagai kebiasaan. Selain sehat, juga akan membantu Anda menghindari kudapan manis dan tinggi kalori sekaligus melangsingkan tubuh.

2. Camilan Sehat
Hindari ngemil makanan manis saat siang dan sore hari jika Anda ingin berdiet. Ganti sarapan dengan potongan buah segar atau sayuran, atau sediakan camilan dari kacang-kacangan yang mengandung protein dan asam lemak Omega-3, ketika Anda mencari kudapan sore. Ingat, hindari lemak, gula dan karbohidrat berlebih.

3. Bergerak
Melakukan gerakan olahraga ringan sekitar 10 menit setiap hari akan memberikan perubahan signifikan pada tubuh. Untuk itu, luangkan waktu dari kesibukan Anda untuk sekadar keluar dan berjalan-jalan kecil tiap harinya, ketimbang menyomot keripik kentang atau gorengan yang tersedia di meja kerja.

4. Siapkan Makan Siang Sehat
Dibanding membeli makanan di luar yang tidak jelas kalorinya untuk makan siang, lebih baik Anda membuat sendiri bekal sehat. Selain lebih bersih dan sehat, hal ini juga akan membantu Anda semakin berkomitmen untuk melakukan diet sehat. Pastikan semua nutrisi tercukupi dan mengenyangkan perut sehingga Anda tidak akan tergoda untuk mengonsumsi camilan tinggi kalori di sore harinya.

5. Jangan Bolos Olahraga
Setelah kesibukan yang padat, sangat mudah bagi Anda mencari alasan untuk tidak berolahraga. Untuk itu, selalu motivasi diri dan luangkan beberapa menit melakukan olahraga ringan sebelum pergi tidur. Walaupun awalnya akan sulit berkomitmen untuk disiplin olahraga, namun ketika Anda berhasil melakukan hal-hal tersebut secara rutin, bonusnya adalah tubuh langsing yang Anda idamkan.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Hasrat Ngemil"